Thursday, 22 February 2018

Membuat Game Tangkap Apel - Part 1



Halo brotha, kita sekarang akan membuat sebuah game sederhana yang nanti bisa kalian kembangkan sendiri kelanjutannya.

Disini kita akan membuat game menangkap buah, jadi nanti kita akan memunculkan buah - buahan yang akan jatuh secara acak dari atas dan kita sebagai Player nanti akan menangkapnya, jika kita berhasil menangkapnya maka kita akan mendapatkan Score +1 dan jika kita gagal menangkapnya maka Health -1 dan jika kita gagal terus menerus maka permainan akan berakhir.

Nah langsung saja ya, pertama kita buat saja langsung 2 buah Layouts berikan nama “Level01” & “Game Over” jangan lupa ganti nama Event Sheetnya. Sekarang kita siapkan beberapa Sprite seperti;
- “Bglevel01”
- ”BgGameOver”   => Untuk layout Game Over
- “Apple”
- “Player”
- “Ground”

Jangan lupa Texts & Input juga:
- “Health”
- “Score”
- “Gameover”        => Untuk layout Game Over
- “Keyboard”         => Input

Jika sudah, sekarang kita tempatkan semua pada Layout kita seperti dibawah ini:


1. Layout Level01

2. Layout Game Over

Jika sudah sekarang kita akan masuk ke perubahan bentuk Polygon, sekarang kita double click saja gambar yang ingin kita rubah bentuk polygonnya. Untuk sekarang kita double click dulu di Spite “Player”nya lalu dimenu bar sebelah kiri pilih “set collision polygon”.

Nah sekarang kita akan melihat bahwa Sprite “Player” dikellingi oleh garis berwarna biru dan titik berwarna merah, kalian dapat menyesuaikan bentuk polygon untuk Sprite tersebut dengan cara mengdrag titik merah pada gambar lalu kita sesuaikan dengan bentuk gambar tersebut.

Sesuaikan seperti contoh dibawah ini:


Kemudian kita lakukan hal yang sama untuk Sprite “Apple”, disini kita akan memberikan polygon tambahan untuk apel, ada 2 cara disini

1. Kita bisa klik kanan pada gambar yang sudah masuk di menu “set collision polygon” kemudian pilih “Guess polygon shape” 

Kita mengaturnya sendiri dengan mengklik kanan titik merah di polygon kemudian pilih “add poin” sesuaikan banyaknya dengan bentuk gambar yang ada, kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Ohh iya hampir lupa, untuk Sprite “Ground” kalian hanya perlu membuatnya 1 saja kemudian kalian bisa bisa mengcopynya.

NB: Alasan kita mengatur polygon pada Sprite adalah agar kita bisa menentukan titik benturan dari Sprite tersebut dengan Sprite lain, karena jika tidak diatur polygonnya maka titik benturan gambar akan terlihat aneh dilayar saat dijalankan.

Sekarang kita masuk ke bagian Behaviors untuk masing - masing object, caranya adalah dengan mengklik satu kali pada Sprite yang kita inginkan kemudian klik “Behaviors” dimenu Properties lalu klik lagi icon (+) pada jendela baru kemudian kita pilih Behaviors yang kita inginkan.

Sebagai contoh kita akan memberikan Behaviors pada Sprite “Apple”

Click Sprite “Apple” > Add Behaviors > Pilih “Physics” kemudian Enter


Lakukan juga hal yang sama untuk Sprite lainnya seperti :

Klick Sprite “Ground” > Add Behaviors > Pilih “Physics” (Immoveable : Yes), dan “Solid”

Klick Sprite “Player” > Add Behaviors > Pilih “Platform”, dan “Solid”

Rasanya persiapan awalnya sudah ok ini, kalau begitu kita masuk saja ya ke Event sheetnya untuk Layout “Level01”.

Sekarang kita akan membuat bagaimana “Apple” akan jatuh secara acak dari atas layar ke bawah, pertama kita lihat lagi Layout “Level01” kemudian kita klik Sprite “Apple” yang kita telah letakan seperti digambar.

Di tab Properties kalian bisa melihat posisi dari Sprite tersebut dan yang akan kita lakukan adalah membuat “Apple” jatuh sepanjang sumbu “X”yang berarti sumbu “Y” menjadi statis, nah bagaimana cara kita menentukan “Apple” jatuh disepanjang Sumbu “X”?
Kita bisa menentukannya dengan cara mengerakan pointer mouse kita secara Horizontal disepanjang Sumbu “X” kita buat saja dengan titik A ~ B cara untuk melihat koordinat pada pointer mouse kita adalah dengan melihat dipojok kanan bawah dari window Construct kita. (Status bar kalau gak salah :D)


Ok jadi sekarang kita sudah tau ya koordinat dari masing - masing sumbu yang kita kehendaki, kemudian kita langsung saja atur kondisi dan tindakannya untuk memunculkan “Apple”


Add event > System > Every X seconds > Masukan (detik) 



Add action > System > Create object > Pilih Sprite ”Apple” > set Layer “0” > set X random(A~B) > set Y random(Y).


Logikanya setiap “X’ detik yang kalian input maka System akan membuat object “Apple” pada Layer “0” disepajang sumbu X yang telah kalian set dan secara random, dan sumbu Y random

Lanjut ke part II ya, jangan lupa di save dulu!

No comments:

Post a Comment