Halo brotha, kita sekarang akan membuat sebuah game
sederhana yang nanti bisa kalian kembangkan sendiri kelanjutannya.
Disini kita akan membuat game menangkap buah, jadi nanti
kita akan memunculkan buah - buahan yang akan jatuh secara acak dari atas dan
kita sebagai Player nanti akan menangkapnya, jika kita berhasil menangkapnya
maka kita akan mendapatkan Score +1 dan jika kita gagal menangkapnya maka Health
-1 dan jika kita gagal terus menerus maka permainan akan berakhir.
Nah langsung saja ya, pertama kita buat saja langsung 2 buah
Layouts berikan nama “Level01” & “Game Over” jangan lupa ganti nama Event
Sheetnya. Sekarang kita siapkan beberapa Sprite seperti;
- “Bglevel01”
- ”BgGameOver” =>
Untuk layout Game Over
- “Apple”
- “Player”
- “Ground”
Jangan lupa Texts & Input juga:
Jangan lupa Texts & Input juga:
- “Health”
- “Score”
- “Gameover” =>
Untuk layout Game Over
- “Keyboard” =>
Input
Jika sudah, sekarang kita tempatkan semua pada Layout kita seperti dibawah ini:
1. Layout Level01
2. Layout Game Over
Jika sudah sekarang kita akan masuk ke perubahan bentuk
Polygon, sekarang kita double click saja gambar yang ingin kita rubah bentuk
polygonnya. Untuk sekarang kita double click dulu di Spite “Player”nya lalu
dimenu bar sebelah kiri pilih “set collision polygon”.
Nah sekarang kita akan melihat bahwa Sprite “Player”
dikellingi oleh garis berwarna biru dan titik berwarna merah, kalian dapat
menyesuaikan bentuk polygon untuk Sprite tersebut dengan cara mengdrag titik
merah pada gambar lalu kita sesuaikan dengan bentuk gambar tersebut.
Sesuaikan seperti contoh dibawah ini:
Kemudian kita lakukan hal yang sama untuk Sprite “Apple”,
disini kita akan memberikan polygon tambahan untuk apel, ada 2 cara disini
1. Kita bisa klik kanan pada gambar yang sudah masuk di menu “set collision polygon” kemudian pilih “Guess polygon shape”
Kita mengaturnya sendiri dengan mengklik kanan titik merah
di polygon kemudian pilih “add poin” sesuaikan banyaknya dengan bentuk gambar
yang ada, kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
Ohh iya hampir lupa, untuk Sprite “Ground” kalian hanya
perlu membuatnya 1 saja kemudian kalian bisa bisa mengcopynya.
NB: Alasan kita mengatur polygon pada Sprite adalah agar
kita bisa menentukan titik benturan dari Sprite tersebut dengan Sprite lain,
karena jika tidak diatur polygonnya maka titik benturan gambar akan terlihat aneh
dilayar saat dijalankan.
Sekarang kita masuk ke bagian Behaviors untuk masing -
masing object, caranya adalah dengan mengklik satu kali pada Sprite yang kita
inginkan kemudian klik “Behaviors” dimenu Properties lalu klik lagi icon (+)
pada jendela baru kemudian kita pilih Behaviors yang kita inginkan.
Sebagai contoh kita akan memberikan Behaviors pada Sprite
“Apple”
Click Sprite “Apple” > Add Behaviors > Pilih “Physics” kemudian Enter
Lakukan juga hal yang sama untuk Sprite lainnya seperti :
Klick Sprite “Ground” > Add Behaviors > Pilih
“Physics” (Immoveable : Yes), dan “Solid”
Klick Sprite “Player” > Add Behaviors > Pilih
“Platform”, dan “Solid”
Rasanya persiapan awalnya sudah ok ini, kalau begitu kita
masuk saja ya ke Event sheetnya untuk Layout “Level01”.
Sekarang kita akan membuat bagaimana “Apple” akan jatuh
secara acak dari atas layar ke bawah, pertama kita lihat lagi Layout “Level01”
kemudian kita klik Sprite “Apple” yang kita telah letakan seperti digambar.
Di tab Properties kalian bisa melihat posisi dari Sprite
tersebut dan yang akan kita lakukan adalah membuat “Apple” jatuh sepanjang sumbu
“X”yang berarti sumbu “Y” menjadi statis, nah bagaimana cara kita menentukan
“Apple” jatuh disepanjang Sumbu “X”?
Kita bisa menentukannya dengan cara mengerakan pointer mouse
kita secara Horizontal disepanjang Sumbu “X” kita buat saja dengan titik A ~ B
cara untuk melihat koordinat pada pointer mouse kita adalah dengan melihat
dipojok kanan bawah dari window Construct kita. (Status bar kalau gak salah :D)
Ok jadi sekarang kita sudah tau ya koordinat dari masing -
masing sumbu yang kita kehendaki, kemudian kita langsung saja atur kondisi dan
tindakannya untuk memunculkan “Apple”
Add event > System > Every X seconds > Masukan
(detik)
Add action > System > Create object > Pilih Sprite
”Apple” > set Layer “0” > set X random(A~B) > set Y random(Y).
Logikanya setiap “X’ detik yang kalian input maka System
akan membuat object “Apple” pada Layer “0” disepajang sumbu X yang telah kalian
set dan secara random, dan sumbu Y random
No comments:
Post a Comment